Bagaimana Mendapatkan Motivasi untuk Belajar

By: admin 2 min read


Menemukan motivasi belajar memang agak sulit. Yang benar adalah mudah untuk menelusuri feed media sosial atau menonton film. Mungkin Anda bahkan ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan hewan peliharaan, keluarga, atau teman Anda.
Saat ujian mendekat, Anda mungkin merasa panik dan tidak bisa bangun untuk belajar. Daripada menunda-nunda, Anda perlu menemukan cara praktis untuk mendapatkan motivasi belajar. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai.

Tetapkan alasan untuk menunda-nunda

Menunda-nunda studi Anda dapat menimbulkan masalah serius mengenai nilai Anda. Ada banyak penyebab penundaan. Terkadang Anda mungkin merasa bahwa pekerjaan rumah atau esai terlalu rumit untuk ditangani. Jika itu terjadi, Anda mungkin menemukan penyedia layanan penulisan esai untuk bantuan profesional.
Mungkin Anda menunda-nunda sebagai cara untuk memberontak terhadap profesor atau orang tua Anda. Alasan lain untuk menunda adalah ketika Anda menunggu waktu yang “ideal” untuk belajar atau menyelesaikan tugas. Topik yang ada mungkin juga membosankan atau tugas yang terlalu banyak. Memahami alasan penundaan adalah dasar untuk merancang langkah-langkah untuk menghindarinya dan menemukan motivasi.

Tentukan alasan untuk mendapatkan nilai bagus

Setiap siswa ingin mendapatkan nilai bagus dalam ujian dan pekerjaan rumah mereka. Cara yang bagus untuk menemukan motivasi adalah dengan mendefinisikan mengapa Anda menginginkan nilai bagus. Tuliskan alasan Anda ingin unggul secara akademis.
Mungkin Anda ingin mengembangkan diri atau masuk ke program atau sekolah yang bagus. Anda mungkin ingin hidup tanpa penyesalan atau mendapatkan karir yang berarti. Apa pun alasannya, buat daftar dan letakkan di meja belajar Anda. Setiap kali Anda merasa tidak termotivasi, bacalah daftar itu dengan keras.

Buat dan ikuti rutinitas belajar

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap kebiasaan belajar yang buruk. Namun, dengan membuat dan mengikuti rutinitas belajar, Anda dapat mengembangkan kebiasaan belajar yang baik. Jika Anda kurang motivasi belajar atau terus menunda-nunda, terapkan prinsip belajar rutin.
Kebiasaan itu kuat, jadi dengan membuat rutinitas belajar, Anda akan selalu menemukan motivasi belajar. Untuk membuat rutinitas belajar, buatlah jadwal belajar. Anda tidak dapat membentuk kebiasaan belajar dalam semalam. Bersabarlah dan lakukan lebih banyak upaya sebelum teknik rutin membuahkan hasil.
Saat belajar untuk ujian dan Anda memiliki setumpuk esai, carilah penulis esai untuk membantu Anda. Hindari mengorbankan rutinitas belajar karena tugas.

Fokus pada kesehatan mental

Untuk menemukan motivasi belajar, latih otak Anda. Karena otak seperti otot, Anda perlu mengembangkan kemampuan untuk fokus. Konsisten dan buat kemajuan bertahap dalam studi Anda. Bahkan ketika Anda tidak sedang menulis tugas atau belajar, teruslah melatih otak Anda secara terus menerus.
Beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan mental Anda termasuk menulis jurnal, mengerjakan teka-teki, dan membaca. Temukan berbagai cara untuk melatih otak Anda. Otak Anda akan menjadi lebih fleksibel dan kuat. Atau, Anda juga dapat meneliti beberapa situs web dengan latihan pelatihan otak.
Elemen penting dari pelatihan otak Anda adalah istirahat dan pemulihan. Dapatkan antara 7 dan 8 jam tidur setiap malam. Anda juga bisa melatih otak Anda melalui nutrisi yang tepat. Otak Anda akan berfungsi dengan baik jika mendapat asam lemak tertentu. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan seperti kacang-kacangan, buah beri, cokelat hitam, dan biji labu.

Berpartisipasi dalam studi kelompok

Belajar kelompok adalah salah satu cara termudah untuk menemukan motivasi. Penting untuk mengidentifikasi siswa yang tepat yang ingin mendapatkan nilai bagus dan belajar dengan baik. Bergabunglah dengan kelompok belajar dengan maksimal empat siswa. Kelompok yang lebih kecil kurang mengganggu.
Belajar dalam kelompok itu menyenangkan dan dapat memberi Anda rasa tanggung jawab. Juga akan lebih mudah untuk membuat komitmen mengenai kebiasaan buruk untuk dihilangkan dan kebiasaan baik untuk dikembangkan. Misalnya, Anda dapat menemukan bantuan disertasi dan melanjutkan studi kelompok Anda sesuai rutinitas Anda.
Anda tidak ingin melewatkan sesi belajar kelompok untuk mengerjakan pekerjaan rumah Anda. Seimbangkan studi dan tugas menulis Anda.

Mengadopsi teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah tentang belajar dalam waktu singkat. Untuk menerapkan teknik ini, putuskan tugas yang akan dilakukan pada satu waktu dan atur timer selama, katakanlah, 25 menit. Fokus pada tugas itu sampai timer berdering.
Ambil selembar kertas dan beri tanda centang. Jika Anda memiliki kurang dari empat tanda centang, istirahatlah tidak lebih dari 5 menit sebelum memulai proses lagi. Beristirahatlah selama 30 menit di akhir empat Pomodoro.

Kelola waktu secara efektif

Mengatur waktu dengan baik adalah cara sederhana untuk menemukan motivasi belajar. Buat jadwal belajar dengan membuat daftar tugas yang ingin diselesaikan dalam kesiapan menghadapi ujian. Anda juga dapat membuat jadwal belajar dengan mengunduh template untuk memblokir waktu belajar Anda.
Selalu pilih waktu belajar dengan cermat dan pastikan jadwalnya mudah diingat. Buat rencana reguler dan buat daftar semua tugas penting yang ingin Anda selesaikan setiap hari. Pada akhir setiap minggu, tinjau jadwal belajar untuk mengetahui apakah Anda membuat kemajuan belajar. Jika tidak, sesuaikan jadwal dengan menentukan waktu belajar yang sesuai.

Kesimpulan

Kunci untuk menemukan motivasi belajar adalah mencari tahu mengapa Anda menunda-nunda dan membuat rencana untuk mengatasinya. Ikuti tips belajar di atas dengan cerdas, dan Anda akan menjadi sukses di bidang akademis Anda. Bersikaplah konsisten dan sabar karena mungkin perlu waktu lebih lama untuk melihat hasilnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.